Friday, January 11, 2019

MEMAHAMI KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA K3

Memahami Keselamatan Dan Kesehatan Kerja K3
Kali ini blog Mas Dory akan berbagi informasi tentang Dasar-dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di dunia pertambangan. Terminologi ini meliputi pengertian, tujuan, prinsip, dan keuntungan diadakannya program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di suatu pertambangan atau tempat kerja pada umumnya. Selain itu tujuan dibuatnya artikel ini untuk memberikan tambahan pemahaman tentang kepada pembaca untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan dan kesehatan kerja.
Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).Beberapa terminologi yang menjelaskan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah sebagai berikut:
  • Adalah usaha dalam melakukan pekerjaan tanpa terjadinya kecelakaan tambang. Untuk definisi dan apa saja yang masuk dalam kategori kecelakaan tambang akan saya jelaskan di artikel lainnya.
  • Adalah usaha untuk terciptanya suasana yang aman dan nyaman dalam lingkungan kerja.
  • Adalah usaha untuk mencapai hasil yang menguntungkan dalam suatu pertambangan dan berusaha untuk menghilangkan segala potensi bahaya yang mungkin terjadi.
  • Adalah upaya yang diterapkan untuk mengendalikan kerugian yang aksidental.

Memahami keselamatan dan kesehatan kkerja oleh mas dory saputro

Tujuan diadakannya Keselamatan dan Kesehatan kerja (k3).Sedangkan tujuan diadakannya K3 di suatu pertambangan adalah sebagai berikut:
  • Sebagai usaha pencegahan sejak dini agar pekerja tidak terluka / cedera / mati saat bekerja di perusahaan pertambangan.
  • Bertujuan untuk meminimalisir bahkan menghilangkan potensi terjadinya kerusakan pada alat (property damage), dan material produksi.
  • Bertujuan sebagai upaya pengawasan terhadap manusia (pekerja), mesin (alat produksi), metode, dan material produksi.
  • Bertujuan untuk memberikan suasana yang aman dan nyaman di lingkungan kerja atau area pertambangan.
Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di suatu Pertambangan.Agar kamu lebih mudah memahami tentang K3, kenali juga prinsip-prinsip K3 di suatu pertambangan. Setidaknya ada 4 prinsip utama K3:
  1. Setiap pekerjaan pasti dapat dilakukan dengan aman dan selamat tanpa terjadinya kecelakaan.
  1. Setiap Kecelakaan pasti ada penyebabnya.
  1. Penyebab kecelakaan harus dicegah atau dihilangkan agar tidak terulang lagi di masa depan.
  1. Pahami upaya bekerja dengan aman di lingkungan kerja atau area pertambangan:
  • Sebelum melakukan pekerjaan, terlebih dahulu kenali dan pahami pekerjaan yang akan dilakukan tersebut.
  • Mengetahui dan memahami langkah-langkah pekerjaan (Memahami SOP / Standard Operation Prosedure) yang dilakukan.
  • Memahami potensi bahaya yang mungkin terjadi dari pekerjaan yang dilakukan tersebut. Contoh jika kamu adalah seorang tukang las, maka potensi bahaya yang mungkin terjadi adalah luka bakar terkena api las, sakit mata disebabkan oleh cahaya las yang sangat menyilaukan, dan lain sebagainya.
  • Memahami cara menghilangkan potensi bahaya dari pekerjaan yang dilakukan. Contoh jika kamu seorang tukang las dan potensi bahaya seperti yang disebutkan diatas, maka cara mengilangkan potensi bahaya yang mungkin timbul adalah memakai sarung tangan pelindung agar tidak terkena api las (menghilangkan potensi terkena luka bakar). Memakai kacamata las untuk menghilangkan potensi bahaya sakit mata disebabkan oleh cahaya las, dan lain sebagainya.
Keuntungan diadakannya program K3 di lingkungan kerja.Beberapa keuntungan yang bisa di ambil dari diadakannya program keselamatan dan kesehatan kerja di pertambangan adalah sebagai berikut:
  • Menyelamatkan karyawan atau pekerja dari sakit akibat kecelakaan, kematian, dan kehilangan gaji atau nafkah.
  • Menyelamatkan keluarga dari kesedihan, penderitaan, dan kehilangan pemasukan.
  • Menyelamatkan perusahaan dari kehilangan karyawan, pengeluaran biaya yang ditimbulkan dari kecelakaan, kehilangan waktu produksi, melatih atau mengganti karyawan yang kecelakaan, stop kegiatan produksi.
Baca juga Memahami induksi safety di dunia pertambangan disini.
Setelah kamu memahami tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di atas, sudah saatnya kamu tingkatkan kesadaran tentang pentingnya K3 di lokasi kerja. K3 diadakan bukan untuk membatasi ruang kerja karyawan, atau mencari kesalahan karyawan, namun K3 diadakan untuk menyelamatkan semua karyawan atau pekerja saat bekerja di suatu pertambangan atau lokasi kerja.

No comments:

Post a Comment