Friday, July 27, 2018

3.1 memahami Konsep Teknologi Komputer Terapan Jaringan

komputer terapan jaringan

Internet
Komputer terapan jaringan adalah sekelompok komputer rekayasa (terapan) yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras dengan tujuan membawa informasi secara cepat dan tepat dari sisi pengirim (Transmitter) menuju ke sisi penerima (Receiver). Jadi secara sederhana nya adalah sekumpulan komputer yang berkomunikasi satu sama lain melalui media jaringan secara bersama – sama.

Bagan Sistem Komputer Minimal

SJDDHNC

Fungsi Bagian Bagan Sistem Komputer Minimal

  • Pemroses (processor)
intel-xeon-e3-1200
Sebuah Processor / CPU melakukan serangkaian langkah-langkah untuk menjalankan perintahSetiap perintah ditangani secara individual dan CPU dapat memproses beberapa perintahdalam hitungan detikSemakin kuat CPU, semakin cepat perintah diprosesSebuah perintahyang dikeluarkan oleh pengguna sistem menggunakan perangkat input seperti keyboard atau mouseSelanjutnya, perintah dikirim ke unit prefetchUnit mengakses dimuat didalam memoriCPU untuk mengidentifikasi perintah dan mengirimkannya ke unit perintahSelanjutnya, unitperintah menentukan langkah-langkah apa terjadi selanjutnyaData ini diteruskan ke unitdecodeyang mentransfer data ke dalam kode biner dan mengirimkannya ke ALUselanjutnyaALU mengubah data mentah menjadi perintah yang sebenarnyaSelanjutnya, ALUmengirimkan salinan perintah ke RAM atau ROM sebelum mengirimnya kembali ke unitperintahyang mengirimkan kode ke bagian dari sistem yang benar-benar akan melakukan tindakan. Akhirnyaaksi dieksekusi dan hasilnya dikirim kembali ke pengguna. Begitulah cara kerja dari processor.
  • Memori utama
adfgh
Memori utama berfungsi untuk menyimpan data dan program tetapi bersifat hanya sementara (tidak permanen). Setiap kali Anda membuka sebuah programitu akan diambil dari hard drive ke RAMHal ini karena membaca data dari RAM jauh lebih cepat dibandingkan dengan membaca data dari hard driveMenjalankan program dari RAM komputer memungkinkan mereka untuk berfungsi tanpa jeda waktuSemakin banyak RAM komputer Anda memilikisemakin banyak data dapat diambil dari hard drive ke dalam RAMyang secara efektif dapatmempercepat komputer AndaBahkanmenambah RAM dapat lebih bermanfaat bagi kinerja komputer Anda daripada upgrade CPU.
Ada juga yang namanya Memori volatile penyimpanan komputer yang hanya memelihara datasementara perangkat bertenagaSebagian besar RAM (random access memoryyang digunakan untuk penyimpanan primer dalam komputer pribadi adalah memori volatileRAMjauh lebih cepat untuk membaca dari dan menulis ke daripada jenis lain dari penyimpanan dikomputerseperti hard disk atau removable mediaNamun, data dalam RAM tinggal di sanahanya saat komputer sedang berjalansaat komputer dimatikanRAM kehilangan dataVolatile memory kontras dengan memori non-volatileyang tidak kehilangan konten saat listrik terputusMemori non-volatile memiliki sumber kontinu kekuasaan dan tidak perlu memiliki isi memori secara berkala segar.
  • Perangkat masukan dan keluaran
Berfungsi memindahkan data antara komputer & lingkungan eksternal yaitu : perangkat penyimpan sekunder, perangkat komunikasi, terminal, dsb. Input / output devicejuga dikenal sebagai perangkat komputersalah satu dari berbagai perangkat (termasuk sensor) yang digunakan untuk memasukkan informasi dan instruksi ke dalam komputer untuk penyimpanan atau pengolahan dan untuk memberikan data diproses untuk operator manusia ataudalam beberapa kasusmesin dikendalikan oleh komputer. Perangkat tersebut membentuk peralatan perangkat sistem komputer digital modern.
  • Interkoneksi antar komponen (BUS)
Interkoneksi antarkomponen (bus) adalah struktur & mekanisme untuk menghubungkan pemroses, memori utama, & perangkat masukan/keluaran. Interkoneksi Bus komponen penting dari komputer : arsitektur ini adalah saluran komunikasi, ini menghubungkan berbagai komponen komputer untuk berkomunikasi satu sama lain.  Instruksi bus memungkinkankomunikasi antara CPU dan memori. Ini membawa ke CPU kata-kata instruksi program yang akan dioperasikan oleh CPU dari memori atau mengembalikan instruksi ke memori. Busdikendalikan oleh CPU. Hal ini mampu mengirim atau menerima data sementara operan (Obus sedang menerima atau mengirim data pada saat yang samatetapi hanya dalam satu arahpada satu waktu.

Jenis-jenis mikrokontroler :

1. Mikrokontroler AVR

Mikrokonktroler Alv and Vegard’s Risc processor atau sering disingkat AVR merupakan mikrokonktroler RISC 8 bit. Karena RISC inilah sebagian besar kode instruksinya dikemas dalam satu siklus clock.
Mikrokontroler AVR merupakan salah satu jenis arsitektur mikrokontroler yang menjadi andalan Atmel. Arsitektur ini dirancang memiliki berbagai kelebihan dan merupakan penyempurnaan dari arsitektur mikrokontroler-mikrokontroler yang sudah ada.
Berbagai seri mikrokontroler AVR telah diproduksi oleh Atmel dan digunakan di dunia sebagai mikrokontroler yang bersifat low cost dan high performance. Di Indonesia, mikrokontroler AVR banyak dipakai karena fiturnya yang cukup lengkap, mudah untuk didapatkan, dan harganya yang relatif terjangkau.
A. Varian Mikrokontroler AVR
Antar seri mikrokontroler AVR memiliki beragam tipe dan fasilitas, namun kesemuanya memiliki arsitektur yang sama, dan juga set instruksi yang relatif tidak berbeda. Tabel dibawah ini membandingkan beberapa seri mikrokontroler AVR buatan Atmel.
1
Keterangan:
  • Flashadalah suatu jenis Read Only Memory yang biasanya diisi dengan program hasil buatan manusia yang harus dijalankan oleh mikrokontroler
  • RAM (Random Acces Memory) merupakan memori yang membantu CPU untuk penyimpanan data sementara dan pengolahan data ketika program sedang running
  • EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) adalah memori untuk penyimpanan data secara permanen oleh program yang sedang running
  • Port I/O adalah kaki untuk jalur keluar atau masuk sinyal sebagai hasil keluaran ataupun masukan bagi program
  • Timer adalah modul dalam hardware yang bekerja untuk menghitung waktu/pulsa
    • UART (Universal Asynchronous Receive Transmit) adalah jalur komunikasi data khusus secara serial asynchronous
  • PWM (Pulse Width Modulation) adalah fasilitas untuk membuat modulasi pulsa
  • ADC (Analog to Digital Converter) adalah fasilitas untuk dapat menerima sinyal analog dalam range tertentu untuk kemudian dikonversi menjadi suatu nilai digital dalam range tertentu
  • SPI (Serial Peripheral Interface) adalah jalur komunikasi data khusus secara serial secara serial synchronous
  • ISP (In System Programming) adalah kemampuan khusus mikrokontroler untuk dapat diprogram langsung dalam sistem rangkaiannya dengan membutuhkan jumlah pin yang minimal
 B.  Arsitektur Mikrokontroler AVR
 Mikrokontroler AVR sudah menggunakan konsep arsitektur Harvard yang memisahkan memori dan bus untuk data dan program, serta sudah menerapkan single level pipelining. Selain itu mikrokontroler AVR juga mengimplementasikan RISC (Reduced Instruction Set Computing) sehingga eksekusi instruksi dapat berlangsung sangat cepat dan efisien. Blok sistem mikrokontroler AVR dapat dilihat dalam Gambar 2.1.
2
Gambar 2.1 Blok Diagram Mikrokontroler AVR
Salah satu seri mikrokontroler AVR yang banyak menjadi andalan saat ini adalah tipe ATtiny2313 dan ATmega8535. Seri ATtiny2313 banyak digunakan untuk sistem yang relatif sederhana dan berukuran kecil. Berikut adalah feature-feature mikrokontroler seri ATtiny2313.
  • Kapasitas memori Flash 2 Kbytes untuk program
  • Kapasitas memori EEPROM 128 bytes untuk data
  • Maksimal 18 pin I/O
  • 8 interrupt
  • 8-bit timer
  • Analog komparator
  • On-chip oscillator
  • Fasilitas In System Programming (ISP)
Sedangkan ATmega8535 banyak digunakan untuk sistem yang kompleks, memiliki input sinyal analog, dan membutuhkan memori yang relatif lebih besar. Berikut adalah feature-feature mikrokontroler seri ATmega8535.
  • Memori Flash 8 Kbytes untuk program
  • Memori EEPROM 512 bytes untuk data
  • Memori SRAM 512 bytes untuk data
  • Maksimal 32 pin I/O
  • 20 interrupt
  • Satu 16-bit timer dan dua 8-bit timer
  • 8 channel ADC 10 bit
  • Komunikasi serial melalui SPI dan USART
  • Analog komparator
  • 4 I/O PWM
  • Fasilitas In System Programming (ISP)
Materi lebih lengkap tentang Mikrokontroler AVR silahkan download disini

2. Mikrokontroler MCS-51

Mikrokonktroler ini termasuk dalam keluarga mikrokonktroler CISC (Complex Instruction Set Computer). Sebagian besar instruksinya dieksekusi dalam 12 siklus clock.
Mikrokontroler MCS51 buatan Atmel terdiri dari dua versi, yaitu versi 20 kaki dan versi 40 kaki. Semua mikrokontroler ini dilengkapi dengan Flash PEROM (Programmable Eraseable Read Only Memory) sebagai media memori-program, dan susunan kaki IC-IC tersebut sama pada tiap versinya.
Perbedaan dari mikrokontroler-mikrokontroler tersebut terutama terletak pada kapasitas memori-program, memori-data dan jumlah pewaktu 16-bit. Perbedaan mikrokontroler Atmel MCS51 tersebut ditunjukan pada Tabel 1.1 berikut.
Tabel 1.1. Perbandingan antar Mikrokontroler MCS51Atmel
7
Mikrokontroler MCS51 Atmel versi mini (20 pin) dan versi 40 pin secara garis besar memiliki struktur dasar penyusun arsitektur mikrokontroler yang sama. Bagian-bagian tersebut secara lebih lengkap (detil) ditunjukan dalam diagram blok berikut.
8Gambar 1.2 Diagram blok Mikrokontroler MCS51 Atmel
Mikrokontroler MCS51 Atmel versi 40 kaki mempunyai 32 kaki sebagai port paralel dan 8 pin yang lain untuk konfigurasi kerja mikrokontroler. Satu port paralel terdiri dari 8 kaki, dengan demikian 32 kaki tersebut membentuk 4 buah port paralel yang masing-masing dikenal sebagai port 0, port 1, port 2, port 3. Nomor dari masing-masing jalur (kaki) dari port paralel mikrokontroler MCS51 Atmel mulai dari 0 sampai 7, jalur (kaki) pertama dari port 0 disebut sebagai P0.0 dan jalur terakhir untuk port 3 adalah P3.7. Mikrokontroler MCS51 Atmel versi mini mempunyai 20 kaki, 15 kaki diantaranya adalah kaki port 1 dan port 3. 5 kaki yang lain untuk konfigurasi kerja mikrokontroler. Port 1 terdiri dari 8 jalur yaitu P1.0 sampai P1.7 dan port 3 terdiri dari 7 jalur yaitu P3.0 sampai P3.5 dan P3.7. Susunan kaki mikrokontroler MCS51 atmel versi 40 kaki dapat dilihat pada Gambar 2.2 berikut.
12
Gambar 2.2 Susunan kaki Mikrokontroler MCS51 Atmel
  1. Fungsi-Fungsi Kaki (Pin)
a. VCC
Kaki VCC digunakan untuk masukan suplai tegangan.
b. GND
Kaki (pin) GND funsinya sebagai saluran ground atau pentanahan.
c. RST
Kaki RST fungsinya sebagai masukan reset. Kondisi “1” selama 2 siklus mesin pada saat oscillator bekerja akan me-reset mikrokontroler yang bersangkutan.
d. ALE/
Kaki ALE digunakan sebagai keluaran ALE atau Adreess Latch Enable yang akan menghasilkan pulsa-pulsa untuk menahan byte rendah (low byte) alamat selama mengakses memori eksternal. Kaki ini juga berfungsi sebagai masukan pulsa program (the program pulse input) atau selama pemrograman flash. Pada operasi normal, ALE akan berpulsa dengan laju 1/6 dari frekuensi kristal dan dapat digunakan sebagai pewaktuan (timing) atau pendekatan (clocking) rangkainan eksternal.
Kaki (Program Store Enable) merupakan sinyal baca untuk memori program eksternal. Saat mikrokontroler MCS51 menjalankan program dari memori eksternal, akan diaktifkan dua kali per-siklus mesin, kecuali dua aktivasi dilompati (diabaikan) saat mengakses memori data eksternal.
e. /VPP
Kaki /VPP ( Exkternal Access Enable) fungsinya sebagai kontrol untuk mengakses memori. harus dihubungkan ke ground, jika mikrokontroler akan mengeksekusi program dari memori eksrternal. Selain itu harus dihubungkan ke VCC jika akan mengakses program secara internal. Kaki ini juga berfungsi untuk menerima tegangan 12V (VPP) selama pemrograman flash,khususnya untuk tipe mikrokontroler 12V volt.
f. XTAL1
Kaki XTAL1 merupakan masukan untuk penguat inverting oscillator dan masukan untuk clockinternal pada rangkaian operasi mikrokontroler.
g. XTAL2
Kaki XTAL2 merupakan keluaran dari rangkaian penguat inverting oscilator
Materi lebih lengkap tentang Mikrokontroler MCS-51 silahkan download disini

3. Mikrokontroler PCI

11
Pada awalnya, PIC merupakan kependekan dari Programmable Interface Controller. PIC termasuk keluarga mikrokonktroler berarsitektur Harvard yang dibuat oleh Microchip Technology. Awalnya dikembangkan oleh Divisi Mikroelektronik General Instruments dengan nama PIC1640.
PIC memungkinkan Anda untuk mengontrol perangkat output ketika mereka dipicu oleh sensordan switch. Program dapat dihasilkan dengan menggunakan diagram alur dalam perangkat lunak komputeryang kemudian dapat di-download ke dalam chip PICMereka dapat ditulis ulang sebanyak yang Anda inginkanMemori jenis ini disebut memori flash.
Sebuah mikrokontroler PIC adalah sirkuit terpadu tunggal cukup kecil untuk muat di telapaktangan dan berisi memori pengolahan unit, Jam dan sirkuit Input / Output dalam satu unit.Sebuah mikrokontroler PIC, oleh karena itu, sering digambarkan sebagai komputer dalamsirkuit terpadu.  Mikrokontroler PIC dapat dibeli kosong dan kemudian diprogram dengan program kontrol tertentuMikrokontroler PIC juga dapat dibeli dengan pradiprogram seperangkat perintah yang memungkinkan download langsung dari kabel komputer danmengurangi biaya peralatan pemrograman.

4. Mikrokontroler ARM

windows-8-arm
ARM adalah prosesor dengan arsitektur set instruksi 32­bit RISC (Reduced Instruction Set Computer) yang dikembangkan oleh ARM Holdings. ARM merupakan singkatan dari Advanced RISC Machine (sebelumnya lebih dikenal dengan kepanjangan Acorn RISC Machine). Pada awalnya ARM prosesor dikembangkan untuk PC (Personal Computer) oleh Acorn Computers, sebelum dominasi Intel x86 prosesor­ Microsoft di IBM PC kompatibel menyebabkan Acorn Computers bangkrut.
Melalui izin dari seluruh dunia, arsitektur ARM adalah yang paling umum dilaksanakan 32-bitset instruksi arsitektur. Arsitektur ARM diimplementasikan pada WindowsUnixdan sistemoperasi mirip Unix, termasuk Apple iOSAndroidBSDInfernoSolarisWebOSPlan 9 dan GNU/ Linux. Advanced RISC Machine awalnya dikenal sebagai Mesin Acorn RISC.

Jenis-jenis komputer terapan jaringan

A. Jenis komputer terapan jaringan berdasarkan fungsi alat :
1. Jaringan Nirkabel atau wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Sebuah jaringan nirkabelyang menggunakan frekuensi tinggigelombang radio daripada kabel untuk berkomunikasi antara nodeadalah pilihan lain untukrumah atau bisnis jaringanIndividu dan organisasi dapat menggunakan opsi ini untukmemperluas jaringan kabel yang ada atau untuk pergi sepenuhnya nirkabelWirelessmemungkinkan untuk perangkat untuk dibagikan tanpa jaringan kabel yang meningkatkanmobilitas tetapi menurun jangkauan. Ada dua jenis utama dari jaringan nirkabelpeer to peeratau ad hoc dan infrastruktur.
Sebuah ad-hoc atau jaringan nirkabel peer-to-peer terdiri dari sejumlah komputer masing-masing dilengkapi dengan kartu antarmuka jaringan nirkabelSetiap komputer dapat berkomunikasi langsung dengan semua komputer nirkabel lainnya diaktifkanMereka dapatberbagi file dan printer dengan cara initetapi mungkin tidak dapat mengakses sumber dayakabel LANkecuali salah satu komputer bertindak sebagai jembatan ke LAN kabelmenggunakan software khusus.
Sebuah jaringan nirkabel infrastruktur terdiri dari jalur akses atau base stationDalam hal ini jenis jaringan jalur akses bertindak seperti sebuah hubmenyediakan konektivitas untuk komputer nirkabelHal ini dapat menghubungkan atau menjembatani LAN nirkabel ke LANkabelmemungkinkan akses ke sumber daya komputer nirkabel LANseperti server file atauKonektivitas internet yang ada.
Ada empat tipe dasar dari transmisi standar untuk jaringan nirkabelJenis ini diproduksi olehInstitute of Electrical dan Electronic Engineers (IEEE). Standar ini mendefinisikan semua aspekfrekuensi radio jaringan nirkabelMereka telah menetapkan empat standar transmisi802.11802.11a802.11b802.11g.
Perbedaan mendasar antara keempat jenis adalah kecepatan koneksi dan frekuensi radio802.11 dan 802.11b adalah paling lambat pada 1 atau 2 Mbps dan 5,5 dan 11Mbps masing-masing. Mereka berdua beroperasi off dari frekuensi radio 2,4 GHz802.11a beroperasi off darifrekuensi 5 GHz dan dapat mengirimkan hingga 54 Mbps dan 802.11g beroperasi off darifrekuensi 2,4 GHz dan dapat mengirimkan hingga 54 MbpsKecepatan transmisi aktualbervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti jumlah dan ukuran hambatan fisik dalam jaringan dan setiap gangguan pada transmisi radio.
Jaringan nirkabel dapat diandalkantetapi ketika mengganggu dapat mengurangi jangkauan dan kualitas sinyalGangguan dapat disebabkan oleh perangkat lain yang beroperasi pada frekuensi radio yang sama dan sangat sulit untuk mengontrol penambahan perangkat barupada frekuensi yang samaBiasanya jika jangkauan nirkabel Anda terganggu jauhlebih dari mungkininterferensi yang harus disalahkan.
Penyebab utama dari gangguan sinyal radio adalah bahan di sekitar Andaterutama zat logamyang memiliki kecenderungan untuk mencerminkan sinyal radioTak perlu dikatakanpotensi sumber logam di sekitar rumah banyak  hal-hal seperti kancing logampakumembangunisolasi dengan dukungan foil dan bahkan cat memimpin semua mungkin dapat mengurangi kualitas sinyal radio nirkabelBahan dengan kepadatan tinggiseperti betoncenderung lebih sulit untuk sinyal radio untuk menembusmenyerap lebih banyak energiPerangkat lainmenggunakan frekuensi yang sama juga dapat menyebabkan interferensi dengan nirkabel AndaMisalnyafrekuensi 2.4GHz yang digunakan oleh produk nirkabel berbasis 802.11b untukberkomunikasi satu sama lainPerangkat nirkabel tidak memiliki frekuensi ini untuk sendiriDalam lingkungan bisnisperangkat lain yang menggunakan pita 2.4GHz mencakup ovenmicrowave dan telepon nirkabel tertentu.
Di sisi lainbanyak jaringan nirkabel dapat meningkatkan jangkauan sinyal dengan menggunakan berbagai jenis perangkat kerasSebuah extender nirkabel dapat digunakanuntuk relay frekuensi radio dari satu titik ke titik lain tanpa kehilangan kekuatan sinyalMeskipun perangkat ini memperluas jangkauan sinyal nirkabel memiliki beberapa kelemahanSalah satu kelemahan adalah bahwa itu meluas sinyalnamun kecepatan transmisi akan diperlambat.
Ada banyak manfaat untuk jaringan nirkabelYang paling penting adalah pilihan untuk memperluas jaringan kabel Anda saat ini ke area lain dari organisasi Anda di mana itu akandinyatakan tidak efektif biaya atau praktis untuk melakukannyaSuatu organisasi juga dapat menginstal jaringan nirkabel tanpa secara fisik mengganggu kerja saat ini atau jaringan kabel(WiFi.orgJaringan nirkabel jauh lebih mudah untuk bergerak dari jaringan kabel danmenambahkan pengguna ke jaringan nirkabel yang ada mudahOrganisasi memilih untukjaringan nirkabel di ruang konferensilobi dan kantor di mana menambah jaringan kabel yang ada mungkin terlalu mahal untuk melakukannya.

2. Jaringan Berkabel (Wired Networkadalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Jaringan kabeljuga disebut jaringan Ethernetadalah jenis yang paling umum dari jaringan area lokal (LAN) teknologiSebuah jaringan kabel hanyalahkumpulan dua atau lebih komputerprinterdan perangkat lain yang terhubung dengan kabel EthernetEthernet adalah protokol jaringan kabel tercepatdengan kecepatan koneksi dari 10megabit per detik (Mbps) hingga 100 Mbps atau lebih tinggiJaringan kabel juga dapat digunakan sebagai bagian dari jaringan kabel dan nirkabel lainnyaUntuk menghubungkan komputer ke jaringan dengan kabel Ethernetkomputer harus memiliki adapter Ethernet(kadang-kadang disebut kartu antarmuka jaringanatau NIC). Adapter Ethernet dapat internal(dipasang di komputeratau eksternal (ditempatkan di sebuah kasus terpisah). Beberapa komputer dilengkapi port adaptor Ethernet built-inyang menghilangkan kebutuhan untukadaptor terpisah (Microsoft). Ada tiga topologi jaringan dasar yang paling umum digunakan saat ini.
Jaringan starjenis yang lebih sederhana umum topologimemiliki satu hub pusat yang menghubungkan ke tiga atau lebih komputer dan kemampuan untuk printer jaringanJenis ini dapat digunakan untuk usaha kecil dan bahkan jaringan rumahJaringan Bintang ini sangat berguna untuk aplikasi di mana beberapa pengolahan harus terpusat dan beberapa harus dilakukan secara lokalKerugian utama adalah jaringan bintang adalah kerentananSemua data harus melewati satu komputer host pusat dan jika tuan rumah yang gagal seluruh jaringan akan gagalDi sisi lain jaringan bus tidak memiliki komputer pusat dan semua komputer yang terhubung pada sirkuit tunggalJenis ini menyiarkan sinyal ke segala arah dan menggunakan software khusus untuk mengidentifikasi komputer mendapat apa sinyalSalah satu kelemahan dengan jenis jaringan yang hanya satu sinyal dapat dikirim pada satu waktujika dua sinyal yang dikirim pada saat yang sama mereka akan bertabrakan dan sinyal akangagal mencapai tujuannyaSatu keuntungan adalah bahwa tidak ada komputer pusat sehingga jika satu komputer turun orang lain tidak akan terpengaruh dan akan dapat mengirim pesansatu sama lain.
Jenis ketiga dari jaringan jaringan cincinSerupa dengan jaringan busjaringan cincin tidak bergantung pada komputer host pusat baikSetiap komputer dalam jaringan dapatberkomunikasi secara langsung dengan komputer laindan masing-masing proses aplikasisendiri secara mandiriSebuah jaringan cincin membentuk loop tertutup dan data yang dikirim dalam satu arah saja dan jika komputer di jaringan gagal data masih dapat ditransmisikanBiasanya jangkauan jaringan kabel dalam 2.000 kakiradius. Kerugian ini adalah bahwatransmisi data melalui jarak ini mungkin lambat atau tidak ada. Manfaat dari jaringan kabeladalah bahwa bandwidth yang sangat tinggi dan gangguan yang sangat terbatas melaluikoneksi langsungJaringan kabel lebih aman dan dapat digunakan dalam berbagai situasiLAN perusahaanjaringan sekolah dan rumah sakitKelemahan terbesar untuk jenis jaringan adalah bahwa hal itu harus rewired setiap kali dipindahkan

B. Jenis komputer terapan jaringan berdasarkan alat koneksi :
1. Client-Server adalah arsitektur jaringan yang memisahkan client (biasanya aplikasi yang menggunakan GUI) dengan server. Client-server menggambarkan hubungan antara duaprogram komputer di mana satu program, klienmembuat permintaan layanan dari program lainserveryang memenuhi permintaan. Meskipun ide clientserver dapat digunakan olehprogram dalam satu komputeritu adalah ide yang lebih penting dalam jaringan.
Dalam sebuah jaringanmodel clientserver menyediakan cara yang nyaman untuk menghubungkan program yang didistribusikan secara efisien di lokasi yang berbedaTransaksi menggunakan komputer Client-server model sangat umumMisalnyauntuk memeriksarekening bank Anda dari komputer Andasebuah program klien di komputer Anda ke depanpermintaan Anda ke program server di bankProgram tersebut pada gilirannya meneruskan permintaan ke program klien sendiri yang mengirim permintaan ke server database dikomputer bank lain untuk mengambil saldo account AndaKeseimbangan dikembalikan kembali ke data bank klienyang pada gilirannya berfungsi kembali ke klien di komputer pribadi Andayang menampilkan informasi untuk Anda.
Clientserver model telah menjadi salah satu ide-ide sentral komputasi jaringanSebagian besar aplikasi bisnis yang ditulis hari ini menggunakan model clientserverBegitu juga denganprogram utama InternetTCP / IPDalam pemasaranistilah telah digunakan untuk membedakan komputasi terdistribusi oleh komputer tersebar lebih kecil dari monolitik” komputasi terpusat dari komputer mainframeTapi perbedaan ini sebagian besar menghilangsebagai mainframe dan aplikasi mereka juga berpaling kepada clientserver model danmenjadi bagian dari komputasi jaringan.

2. Hybrid Network adalah Network yang dibentuk dari berbagai Topologi dan Teknologi. Sebuah Hybrid Network mungkin sebagai contoh, diakibatkan oleh sebuah pengambilan alihan suatu perusahaan. Sehingga, ketika di gabungkan maka teknologi-teknologi yang berbeda tersebut harus digabungkan dalam network Tunggal. Sebuah Hybrid metwork memiliki semua Karakteristik dari topologi yang terdapat dalam jaringan tersebut. Karena topologi ini merupakan gabungan dari banyak topologi, maka kelebihan / kekurangannya adalah sesuai dengan kelebihan/kekurangan dari masing-masing jenis topologi yang digunakan dalam jaringan bertopologi Hybrid tersebut.

C. Jenis komputer terapan jaringan berdasarkan ukuran :
1. LAN (Local Area Network)
Inilah jaringan komputer yang sangat populer. LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah dan sekolah.
2. MAN (Metropolitan Area Network)
Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini berkisar antara 10 hingga 50 km.
3. WAN (Wide Area Network)
WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini.
4. Internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

4.1.Menyajikan data hasil pengamatan terhadap perkembangan teknologi komputer, 

  1. Karyawan Z hanya masuk 15 hari dalam satu bulan
  2. Kecelakaan di jalan raya
  3. Persib menang
  4. Kecelakaan yang terjadi antara mobil dan motor di ring road Yogyakarta.
  5. Harga beras Maknyus 23.000 rupiah per kg di Pasar Cipinang Jakarta Timur.
Berikut ini adalah contoh dari Informasi :
  1. Selama sebulan ini karyawan Z hanya masuk sebanyak 15 hari, ia melakukannya karena orang tuanya yang sudah tua mengalami sakit-sakitan dan harus keluar masuk rumah sakit dalam sebulan ini.
  2. Telah terjadi kecelakaan mobil di Jalan Raya Lintas Baypass Soekarno Hatta, siang tadi pukul 13:00, korban jiwa sebanyak 4 orang, yang merupakan satu keluarga dan meninggal ditempat.
  3. Pertandingan sepakbola Liga Indonesia antara Club Persib dengan Persija pukul 16:30 tadi berakhir dengan skor 3 : 2 untuk kemenangan Persib.
  4. Kecelakaan yang terjadi antara mobil dan motor di ring road Yogyakarta pada Tanggal 10 Agustus 2017 adalah kecelakaan yang ke 10 terhitung sejak 1 Januari 2017.
  5. Harga beras Maknyus 23.000 rupiah per kg di Pasar Cipinang Jakarta Timur merupakan harga tertinggi dari harga semua jenis beras selama Tahun 2017.
SEJARAH INTERNET
 Sejarah internet berawal dari pengembangan komputer elektronik pada tahun 1950-an. Konsep awal dari jaringan internet ini berasal dari beberapa laboratorium  ilmu komputer di Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis. Pada tahun 1969, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengembangkan sebuah jaringan yang bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) melalui lembaga proyek nya yaitu ARPA.
Lembaga proyek ARPA ini mendemonstrasikan bagaimana software dan hardware bisa digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh.  Awal dari pengembangan proyek internet ini digunakan untuk kepentingan militer. Pengembangan jaringan internet ini dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk menghubungkan komputer-komputer yang tersebar diberbagai daerah vital. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat yang mudah dihancurkan jika terjadi perang.
Pada awalnya, proyek ARPANET ini dibentuk secara khusus dengan menghubungkan 4 situs saja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Keempat situs ini membentuk sebuah jaringan terpada pada tahun 1969. Pada bulan Oktober 1972, ARPANET mulai diperkenalkan secara umum. Tidak lama setelah diperkenalkan secara umum, proyek ARPANET ini mulai dikenal dan banyak universitas yang ingin bergabung sehingga membuat lembaga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Mulai banyak universitas yang ingin bergabung dengan ARPANET, maka ARPANET dibagi menjadi dua yaitu MILNET dan ARPANET. MILNET digunakan untuk keperluan militer, sedangkan ARPANET digunakan untuk keperluan non-militer, seperti keperluan universitas-universitas. Gabungan dari kedua jaringan tersebut dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet. Akhirnya, pemerintah Amerika Serikat memberikan izin kepada pihak-pihak swasta dan bisnis untuk menggunakan Internet pada tahun 1990
Jadi, teknologi internet ini ditemukan secara bertahap mulai dari pengembangan jaringan komunikasi yang digunakan untuk kepentingan militer. Teknologi internet itu terus berkembang hingga masuk ke dunia akademik, yaitu universitas-universitas. Tak lama, internet mulai dikenalkan kepada publik pada akhir tahun 1990. Dan teknologi internet mulai berkembang pesat menjelang tahun 2000.
Garis Waktu Sejarah Perkembangan Internet.
Periode 1950-an
  • 1957, Uni Sovyet (sekarang Rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
  • 1958, Sebagai buntut dari “kekalahan” Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research Projects Agency(ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.

Periode 1960-an
  • 1962, Sejarah internet di tahun ini adalah seorang J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Di tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
  • 1960, Teori mengenai packet-switching dapat diimplementasikan dalam dunia nyata.
  • 1965, Istilah “Hypertext” dikeluarkan oleh Ted Nelson. Hypertext adalah text yang berhubungan dengan dokumen lain atau teks yang nge-link ke informasi lain. Pada link dalam dokumen hypertext apabila di klik, maka dapat dengan cepat menuju/ melompat ke konten yang berbeda. Walaupun hypertext biasanya berkaitan dengan halaman Web.
  • 1968, Jaringan Tymnet dibuat.

Periode 1970-an
  • 1971, Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
  • 1972, Sebuah kelompok kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai “Bapak Internet”.
  • 1972-1974, Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
  • 1973, ARPANET ke luar Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
  • 1974, Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection“
  • 1974, Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
  • 1977, Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
  • 1978, Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol(TCP/IP).
  • 1979, Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis. Sungguh menarik, di tahun ini juga emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.

Periode 1980-an
  • Awal 1980-an , Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It’s Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP).CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari berbagai universitas.
  • 1982, Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut.
  • 1986, Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS(Domain Name System)yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.

Periode 1990-an
  • 1991, adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
  • 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet
  • 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang samaYahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
  • 1994,Rolling Stone broadcast Voodoo Lounge lewat M-BONE. Perdama Menteri Jepang goes online di kantei.go.jp backbone traffic melebihi 10 trilion bytes per month.
  • 1995, James Gosling dan tim programer di Sun Microsystem merelis internet programming language disebut Java yang secara radikal merubah cara aplikasi dan informasi yang dapat di retrieved, display lewat internet.
  • 1996,Hampir 10 juta host online. Internet covers the globe.
  • 1996,hampir 40 juta orang tersambung di internet. Lebih dari $ 1billion pindah tangan per tahun lewat internet shopping mall
  • 2000, lebih dari 90 juta host.
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
 PENGGOLONGAN ALAT PENGOLAHAN DATA
  • Peralatan manual : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
  • Peralatan Mekanik :yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
  • Peralatan Mekanik Elektronik : Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
  • Peralatan Elektronik : Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

SEJARAH KOMPUTER
Sejarah perkembangan komputer dibagi dalam 2 tahap, yaitu :
  1. Sebelum tahun 1940
  2. ABACUS
Sempoa atau Abacus adalah alat kuno untuk penghitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik – manik yang bisa di geser. Alat ini digunakan untuk melakukan operasi aritmetika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian pembagian dan akar kuadrat.
  1. KALKULATOR RODA NUMERIK
Ditemukan oleh Blaise Pascal 1692. Pada tahun 1642, seorang pemuda berumur 18 tahun bernama BLAISE PASCAL (1623-1662) menemukan kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) yang bernama PASCALINE. PASCALINE berbentuk kotak persegi berwarnakuning dan memiliki delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Namun alat ini masih memiliki kelemahan yaitu hanya bisa melakukan penjumlahan.
  1. KALKULATOR RODA NUMERIK 2
Ditemukan oleh Gottfred Wilhem von Leibniz, Pada tahun 1694. Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716)memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
  1. KALKULATOR MEKANIK
Charles Xavier Thomas de Colmar Menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.
  1. SETELAH TAHUN 1940

DIBAGI DALAM 5 ( LIMA ) GENERASI
  • Komputer Generasi Pertama (1940 – 1959)
  • Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
  • Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
  • Komputer Generasi keempat (1970 – 1990)
  • Komputer Generasi kelima (sejak 1990 an)

  1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
Ciri computer generasi pertama yaitu :
  1. Pemakaian tube vakum (yang bikin computer pada saat itu memiliki ukuran begitu besar)
  2. Ada silinder magnetik untuk penyimpanan data.
  3. Instruksi operasi di buat dengan cara khusus untuk satu pekerjaan spesifik.
  4. Tiap-tiap computer mempunyai program kode­biner yang tidak sama yang dimaksud “bahasa mesin” (machine language). Hal semacam ini mengakibatkan computer susah untuk diprogram serta membatasi kecepatannya.

CONTOH KOMPUTER GENERASI PERTAMA :
  1. ENIAC
ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator ) Dirancang oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.

  1. EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
Penggunaan tabung vakum juga telah dikurangi di dalam perancangan komputer di mana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC.

  1. EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator)
memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
  1. UNIVAC 1 Computer.
Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.
  1. Komputer generasi kedua ( 1959 -1964 )
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasaassembly.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language ( COBOL ) dan Formula Translator ( FORTRAN ) mulai umum digunakan.
CONTOH KOMPUTER GENERASI KEDUA :
KOMPUTER DEC PDP-8
  1. Komputer generasi ketiga ( 1964 – awal 80an )
Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC :integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) .
Contoh gambar IC :integrated circuit
  1. Komputer generasi keempat ( awal 80an)
Tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: “mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik”
  1. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah Pada tahun 1980-an,
  2. Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip
  3. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
5.Komputer generasi KELIMA ( MASA DEPAN )
sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan
apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

INTERNET OF THINGS
  1. SEJARAH INTERNET OF THINGS
Internet of Things (IoT), sebuah istilah yang belakangan ini mulai ramai ditemui namun masih banyak yang belum mengerti arti dari istilah ini. Sebetulnya hingga saat ini belum ada definisi standar mengenai Internet of Things, namun secara singkat Internet of Things bisa dibilang adalah di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan seperti internet.
Ide awal Internet of Things pertama kali dimunculkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya. Kini banyak perusahaan besar mulai mendalami Internet of Thingssebut saja Intel, Microsoft, Oracle, dan banyak lainnya.
Banyak yang memprediksi bahwa Internet of Things adalah “the next big thing” di dunia teknologi informasi, hal ini karena Internet of Things menawarkan banyak potensi yang bisa digali. Contoh sederhana implementasi dari Internet of Things misalnya adalah kulkas yang dapat memberitahukan kepada pemiliknya via SMS atau email tentang makanan dan minuman apa saja yang sudah habis dan harus distok lagi.Bagi pengembang, kini banyak perusahaan yang menyediakan berbagai macam program untuk membantu pengembang dalam mengembangkan produk berbasis Internet of Things. Salah satu yang menyediakan program ini adalah Intel dengan IoT Developer Program mereka.
Jika kita melihat dari bahasa Inggrisnya pengertian dari Internet of Things adalah internet dari peralatan-peralatan. Dibahasakan lebih mudah adalah bagaimana koneksi internet dari peralatan-peralatan yang biasa digunakan.
Dalam industri, peralatan-peralatan dapat dirancang untuk memberikan informasi mengenai kondisinya. Misalnya ada peralatan yang membutuhkan bahan bakar, dan peralatan tersebut memancarkan informasi status bahakn bakarnya secara periodik ke suatu peralatan lain melalui jaringan internet. Dengan adanya sistem ini, maka kita dengan mudah memantau peralatan-peralatan yang digunakan dalam kantor kita. Memudahkan pemantauan akan mengindarkan kita dari situasi suatu mesin tidak berfungsi karena terlambat melakukan pemeliharaan.
Terkait dalam aplikasi pada industri di atas, akan banyak dikembangkan sensor-sensor untuk mengkuantisasi dari status peralatan-peralatan tersebut.
Dalam aplikasi dalam rumah tangga, saat kita belok ke halaman depan rumah kita, garasi langsung membuka. Pada saat garasi membuka, lampu ruangan dan AC akan langsung menyala. Saat ini sudah ada konsorsium yang merumuskan standarisasi komunikasi antar peralatan ini. Dengan adanya standarisasi ini, maka akan banyak peralatan yang terhubung antara satu dengan yang lain.
Pada hakekatnya, benda Internet atau Internet of Things mengacu pada benda yang dapat di identifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai popular melalui Auto-ID Center di MIT berikut publikasi analisa pasar yang terkait.
Salah satu wujud dari Intenet of Things yang ajap kali disebutkan, adalah sistem RFID (radio-frequency identification) yang menjadi komponen dipersyaratkan. Andaikan semua benda, mahluk maupun insan dalam kehidupan sehari-hari dapat diidentifikasi secara elektronik, maka mereka bisa dikelola dan diinventarisasi oleh komputer.
RFID (radio-frequency identification),\ sebagai tagging dapat juga digunakan teknologi seperti near field communication, barcode, kode QR dan watermarking digital. Dengan demikian misalnya, bisnis mungkin tidak lagi kehabisan stok atau menghasilkan produk-produk limbah, dimana pihak yang terlibat akan tahu lebih dini produk mana saja yang dibutuhkan dan dikonsumsi. Disisi lain, kemungkinan atas penyalahgunaan terhadap informasi yang terhimpun juga tidak boleh diremehkan.
Berdasarkan penelitian ABI Research, pada tahun 2020 diperkirakan akan terdapat lebih dari 30 miliar perangkat yang terhubung secara nirkabel melalui Internet of Things.
  1. PENGERTIAN INTERNET OF THINGS
Internet of Things, atau dikenal juga dengan singkatan IoT, merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif. Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT.
Casagras (Coordination and support action for global RFID-related activities and standardisation) mendefinisikan Internet of Things, sebagai sebuah infrastruktur jaringan global, yang menghubungkan benda-benda fisik dan virtual melalui eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi. Infrastruktur terdiri dari jaringan yang telah ada dan internet berikut pengembangan jaringannya. Semua ini akan menawarkan identifikasi obyek, sensor dan kemampuan koneksi sebagai dasar untuk pengembangan layanan dan aplikasi ko-operatif yang independen. Ia juga ditandai dengan tingkat otonom data capture yang tinggi, event transfer, konektivitas jaringan dan interoperabilitas.
SAP (Systeme, Anwendungen und Produkte) mendefinisikannya sbb: Dunia di mana benda-benda fisik diintegrasikan ke dalam jaringan informasi secara berkesinambungan, dan di mana benda-benda fisik tersebut berperan aktif dalam proses bisnis. Layanan yang tersedia berinteraksi dengan ‘obyek pintar’ melalui Internet, mencari dan mengubah status mereka sesuai dengan setiap informasi yang dikaitkan, disamping memperhatikan masalah privasi dan keamanan.
ETP EPOSS mendefinisikannya sebagai Jaringan yang dibentuk oleh hal-hal atau benda yang memiliki identitas, pada dunia maya yang beroperasi di ruang itu dengan menggunakan kecerdasan antarmuka untuk terhubung dan berkomunikasi dengan pengguna, konteks sosial dan lingkungan.
  1. METODE INTERNET OF THINGS
Metode yang digunakan oleh Internet of Things adalah nirkabel atau pengendalian secara otomatis tanpa mengenal jarak.Pengimplementasian Internet of Things sendiri biasanya selalu mengikuti keinginan si developer dalam mengembangkan sebuah aplikasi yang ia ciptakan, apabila aplikasinya itu diciptakan guna membantu monitoring sebuah ruangan maka pengimplementasian Internet of Things itu sendiri harus mengikuti alur diagram pemrograman mengenai sensor dalam sebuah rumah, berapa jauh jarak agar ruangan dapat dikontrol, dan kecepatan jaringan internet yang digunakan. Perkembangan teknologi jaringan dan Internet seperti hadirnya IPv6, 4G, dan Wimax, dapat membantu pengimplementasian Internet of Thingsmenjadi lebih optimal, dan memungkinkan jarak yang dapat di lewati menjadi semakin jauh, sehingga semakin memudahkan kita dalam mengontrol sesuatu.
  1. PERANGKAT INTERNET OF THINGS
Saat ini, di belahan dunia manapun banyak ditemukan peralatan yang sudah terhubung dengan internet. Satu peralatan yang digunakan bisa menghubungkan ke perangkat lainnya hanya dengan menggunakan koneksi internet. Ada beberapa peralatan atau aplikasi yang bisa digunakan untuk menghubungkan dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Berikut beberapa contoh perangkat:
Smartphone
Saat ini banyak smartphone yang bisa menghubungkan kita dengan dunia luar serta perangkat lain. Sebagai contoh smartphone yang kita gunakan bisa mengendalikan televisi, AC dan lain sebagainya. Televisi dan AC bisa kita matikan dengan menggunakan smartphone yang kita punya. Dengan begitu kita tidak perlu repot-repot untuk mematikan atau menyalakannya secara manual. Smartphone juga bisa digunakan untuk belanja online jika terdapat aplikasi dalam smartphone tersebut dan terhubung dengan koneksi internet. Jadi kita tidak harus membuang waktu untuk pergi ke toko untuk membeli sesuatu yang kita butuhkan.
Ipad
Sama seperti smartphone, ipad juga bisa mengendalikan beberapa peralatan. Sebagai contoh kita bisa mendownload lagu atau videp dengan menggunakan ipad yang tentu saja sudah terkoneksi internet. Kemudian kita juga bisa melakukan transaksi online seperti online shop dan sebagainya. Kita juga dapat bermain game, tidak hanya offline, online pun bisa asalkan terhubung dengan koneksi internet. Ipad juga bisa terkoneksi dengan smartphone agar kita bisa mentransfer data dengan mudah.
Laptop
Contoh ini masih sama denga smartphone dan ipad. Laptop bisa mengendalikan perangkat lain secara cepat. Contohnya kita bisa mengendalikan laptop atau komputer lain dari laptop yang kita punya. Kita juga bisa mengendalikan CCTV yang dipasang pada rumah atau ruangan saat kita sedang melakukan pekerjaan diluar.
  1. MANFAAT INTERNET OF THINGS
Banyak manfaat yang didapatkan dari Internet of Things. Pekerjaan yang kita lakukan menjadi lebih cepat, mudah dan efisien. Sebagai contoh barcode yang tertera pada sebuah produk. Dengan barcode tersebut, bisa dilihat produk mana yang oaling banyak terjual dan produk mana yang kurang diminati. Selain itu dengan barcode kita juga bisa memprediksi produk yang stoknya harus ditambah atau dikurangi.
Dengan barcode kita tak perlu susah – susah menghitung produk secara manual. Contoh lain saat kita pergi ke Singapore. Jika kita ingin berpergian menggunakan transportasi umum seperti MRT atau bis, kita cukup menggunakan EZ-link card. EZ-link card biasanya dipakai oleh para wisatawan yang mengunjungi Singapore sebagai pengganti uang untuk membayar jasa transportasi yang telah digunakan. Sedangkan warga Negara Singapore sendiri menggunakan KTP ataupun kartu pelajar sebagai atat membayarnya. Jika kita menggunakan uang tunai, kita masih harus mengantri untuk membayar, belum lagi jika kita membayar dengan nilai nominal uang besar, kita harus menunggu untuk mendapatkan uang kembali.
  1. PENGINMPLEMENTASIAN INTERNET OF THINGS
Pengimplementasian Internet of Things terwujud dalam produk Speedy Monitoring. Produk ini diluncurkan oleh PT Telkom guna menangkap, merekam, dan memonitor suatu ruangan atau area tertentu dengan menggunakan IP Camera yang terhubung ke jaringan Speedy. Kelebihan produk ini adalah kita dapat mengakses hasil monitoring kamera dan memanajemen sistem ini melalui web browser. Baik melalui desktop maupun mobile phone. Keistimewaan dari produk Speedy Monitoring adalah tersedianya media penyimpanan yang ditangani secara terpusat sehingga kita hanya perlu menyediakan kamera dan tak perlu repot lagi dengan urusan penyediaan tempat penyimpanan data dan penyediaan server.
Dapat mengawasi dan mengontrol suatu tempat dan keadaaan saat kapanpun dan dimanapun adalah idaman. Tentunya dengan IoT mempermudah kita mengawasi dan mengontrol apapun tanpa terbatas jarak dan waktu (online monitoring), termasuk memonitor keadaan rumah (home monitoring). Jika Home Monitoring dapat dilakukan dengan mudah, setiap waktu, dan dari media akses apapun tentunya kita akan merasa aman dan nyaman meninggalkan rumah apalagi dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu dengan Internet of Things kita dapat mengendalikan segala sesuatu melalui sebuah perangkat dan mempermudah dalam melakukan segala aktivitas.
  1. PENERAPAN INTERNET OF THINGS
Beberapa penerapan IoT di berbagai bidang:
  1. Smart Cities – IoT bisa membantu membuat tata kelola kota yang efektif Walikota bisa melihat apa saja yang terjadi di kotanya melalui berbagai sensor secara real time, dan dengan demikian akan mampu mengatur tata kelola yang efektif, sehat, nyaman dengan tingkat keberisikan yang rendah, bebas macet, hemat energi, sistem pembuangan sampah yang optimal, dan jalan-jalan raya yang bebas macet.
  2. Smart Mall – IoT bisa mendeteksi kehadiran orang-orang yang ada di dalam suatu mall : berapa tingkat kepadatan pengunjung, berapa lama rata-rata orang berdiam diri di suatu tempat, berapa banyak pegawai dan berapa banyak tamu yang lalu lalang, mana toko yang paling ramai, mana etalase toko yang paling menarik perhatian, dsb
  3. Smart Traffic – IoT juga bisa menganalisa lalu lintas kendaraan bermotor di jalan, mulai dari tingkat kemacetan di jalan, kecepatan rata-rata kendaraan bermotor, jalan alternatif jika ada kemacetan, dsb
  4. Smart Environment – IoT bisa mewujudkan lingkungan yang sehat dan aman, misalnya melalui detektor kebakaran hutan, polusi udara, deteksi dini gempa bumi/tsunami, dan berbagai bencana alam lain
  5. Smart Water – IoT bisa membantu kita mendapatkan air yang sehat, bersih, bebas polusi, bebas pencemaran bahan kimia di sungai, di laut, maupun di pipa-pipa air, dan deteksi dini terhadap banjir
  6. Smart Metering – IoT bisa membantu kita mengetahui penggunaan daya listrik, atau semua komponen yang terkait dengan sistem pembangkitan tenaga listrik, mulai dari tingkat ketinggian/tekanan/aliran air, bahan bakar, atau gas dan sebagainya.
  7. Security and Emergencies – IoT bisa digunakan untuk mendeteksi manusia di suatu area, mendeteksi cairan, radiasi, gas-gas yang bisa meledak. IoT bisa meningkatkan keamanan dan membantu dalam situasi darurat
  8. Retail – IoT bisa digunakan untuk memonitor pengiriman barang, pembayaran melalui NFC, melihat tanggal kedaluwarsa, dan menggatur rotasi/penyimpanan barang di gudang.
  9. Logistics – IoT bisa digunakan untuk mendeteksi getaran, buka tutup pintu, mencari lokasi barang di gudang, mendeteksi kebocoran gas, sehingga bisa digunakan untuk memonitor kondisi pengiriman barang, mencari barang, mencari lokasi penyimpanan yang paling baik untuk memisahkan gas yang mudah terbakar dan bahan peledak, melacak perjalanan kapal tanker, dsb
  10. Industrial Control – IoT bisa digunakan untuk diagnosa mesin, monitor gas beracun, tingkat oksigen, temperatur, ozon, dsb, sehingga bisa digunakan di dalam industri
  11. Smart Agriculture – IoT bisa digunakan untuk mendeteksi kelembaban tanah, udara, ukuran batang pohon, cuaca, suhu, dsb, sehingga bisa digunakan untuk mendorong usaha pertanian,
  12. Smart Animal Farming – IoT bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan ternak, mendeteksi gas beracun, dsb sehingga bisa digunakan untuk mengontrol kembang biak ternak, melacak keberadaan ternak, dan memastikan usaha peternakan berkembang dengan maksimal
  13. Home Automation – IoT bisa digunakan untuk memonitor penggunaan energi, air, mendeteksi pintu/jendela terbuka/tertutup, mendeteksi keberadaan manusia/binatang, sehingga bisa digunakan untuk mewujudkan rumah yang hemat energi dan aman.
  14. E-Health – IoT memungkinkan perangkat-perangkat wearable sampai tablet (pil) bisa saling tersambung. Ini akan mendorong industri wearable sensor, sampai tablet (pil), dan sensor yang bisa ditanam di dalam tubuh manusia.
  15. Banking Industry – IoT bisa memanfaatkan IoT untuk mendapatkan konektivitas di manapun. IoT mewujudkan mesin-mesin ATM dan POS (mesin kasir) yang terhubung supaya biaya operasi lebih murah dan juga meningkatkan pendapatan.
  1. DAMPAK INTERNET OF THINGS
Dampak besar Internet of Things akan terasa pada besarnya data yang dihasilkan pada perangkat tersebut. Bayangkan betapa besarnya informasi personal yang disimpan dan di analisa oleh milyaran perangkat. Itulah yang disebut dengan big data yang menimbulkan masalah keamanan.
Implementasi keamanan untuk Internet of Things terbilang mahal karena harus melalui tiga lapis: fisik, jaringan dan data. Fisik artinya sebuah perangkat yang memiliki keamanan seperti kunci, seandainya dicuri atau hilang, adapun keamanan jaringan dapat dilakukan melalui Virtual Private Network (VPN) atau bentuk enkripsi lainnya.
Kemanan paling rentan adalah keamanan dari data itu sendiri. Ketika tersimpan secara local di dalam perangkat data (data at rest) dan ketika data tersebut dikirim ke perangkat lain (data on the move) harus tetap di enkripsi supaya terhindar dari peretas atau hacker.
Internet of Things sangat bersinggungan dengan cloud computing. Tentu saja dapat menyimpan semua data itu di home storage di rumah. Disinilah keunggulan dari cloud computing, karena itu para analis menilai bahwa Internet of Things adalah perpaduan yang sempurna.